Selasa, 25 November 2014

 
GERAKAN MAHASISWA BATAK TOBA (GEMABATO) adalah organisasi kemahasiswaan budaya HABATAKON dan pengembangan jati diri generasi yang beriman, mandiri, intelektual, berbakti, bertanggung jawab dan bersatu.

Berdiri : 25 JANUARI 2013

Visi :
Mengawal perjalanan Batak Toba melalui karya dan bakti yang terencana, terarah, terkoordinasi dan bermartabat tanpa diskriminasi.

Misi :
  1. Mewujudkan GEMABATO sebagai lembaga mahasiswa yang selalu menjaga nama baik puak batak toba dalam melestarikan kebudayaan.
  2. Mewujudkan GEMABATO yang paham akan HABATAKON dengan menjunjung tinggi Tri Dharma Perguruan Tinggi dan aktif sebagai kekuatan utama mendorong kemajuan sistem pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di Bonapasogit.
  3. Mewujudkan GEMABATO yang berwawasan lingkungan hidup.
  4. Mewujudkan GEMABATO sebagai motivator yang mampu menginspirasi jiwa dan semangat setiap generasi puak batak toba untuk tercapainya kepentingan bersama, segenap pengetahuan, kemauan dan kemampuan yang dimiliki mahasiswa/i Batak Toba di seluruh Indonesia yang bermentalkan spritual yang kokoh, tegar, percaya diri dan bertanggungjawab.
  5. Muwujudkan GEMABATO sebagai wadah organisasi yang peduli dan turut serta berpartisipasi aktif dalam sumbangan saran dan pemikiran kepada jajaran instansi pemerintah pusat dan daerah (khususnya).
  6. Mewujudkan GEMABATO sebagai organisasi kemahasiswaan yang berorientasi pro kerakyatan dalam pengembangan sains dan teknologi, ekonomi, kehidupan sosial dan budaya.
  7. Mewujudkan GEMABATO sebagai organisasi penegak hak-hak azasi manusia dan memonitoring kenerja pemerintah yang menyalahgunakan wewenang yang berindikasikan KKN.
  8. Mewujudkan GEMABATO yang tanggap terhadap isu Daerah, issu Nasional dan issu Global konteks budaya, lingkungan hidup, pendidikan, sosial politik, ekonomi, hukum dan HAM.
  9. Mewujudkan GEMABATO sebagai ujung tombak pergerakan sosial kemahasiswaan yang peka terhadap tuntutan rakyat.

Prinsip Gerakan : Bendera Gaja Dompak (Bendera Perang Raja Sisingamangaraja)
  1. Partondi hamalimon (Beriman suci)
  2. Parsihabul habonaron (Pembela Kebenaran)
  3. Sirungrungi nadapot bubu, siharhari nadapot sambil (melepaskan yang terperangkap dan membebaskan yang terjerat)
  4. Mataniari sodompahon (Titah Raja tiada diingkari)
  5. Tinumpuk ni desa nawalu (Diayomi 8 penjuru mata angin)
[ Asa marsadama pinomparni Op. Si Raja Batak diturpuk-turpuk ni desa nawalu mengarungrungi nadapot bubu mangharhari nadapot sambil marhite habonaron hamalimon laho paturehon-paulihon ugasan nang ugari HABATAHON ni puak-toba jala hormat marRaja ]
 
Motto GEMABATO : Natading Taulahi Nasega Tapauli Nauli Taparerak

Pembangunan Karakter : PODA NA LIMA
  1. Paias Roham
  2. Paias Pamanganmu
  3. Paias Dagingmu
  4. Paias Jabum
  5. Paias Alamanmu 
 
Hagogoon Nabonar [kekuatan yang bersumber dari kebenaran dan kesucian] 
#boraspati = '' simbol kebijaksanaan, kekayaan dan kemampuan beradaptasi ''
 
HORAS GEMABATO, HORAS BATAK-TOBA
-----------------------------------------------------------
HORAS - MEJUAH-JUAH, NJUAH-NJUAH
BANGSO BATAK
_/\_

Tidak ada komentar:

Posting Komentar